Superbank Tawarkan Pinjaman Digital Tanpa Agunan untuk UMKM

FRANCHISEGLOBAL.COM-Industri perbankan digital Indonesia kembali kedatangan pemain baru. Bank digital Superbank kini sudah bisa diakses di aplikasi Grab. Bank digital ini melayani berbagai kebutuhkan layanan perbankan, mulai dari pembukaan rekening, menabung, dan berbagai transaksi pembayaran langsung di aplikasi Grab tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.

Tigor M. Siahaan, Presiden Direktur Superbank menjelaskan, Superbank dirancang untuk masyarakat Indonesia yang belum terlayani atau tersentuh oleh pelayanan perbankan konvensional. Kelompok masyarakat ini sebagian besar berasal dari UMKM dan perorangan (ritel).

“Kami percaya kehadiran Superbank di Grab tidak hanya memberikan kemudahan akses layanan perbankan dan penawaran yang menarik bagi pengguna dan mitra Grab, tapi juga mendukung mereka dalam menabung dan mengelola keuangan dengan lebih baik,” tutur Tigor.

Penabung Superbank di Grab akan mendapatkan bunga tabungan sebesar 6% per tahun yang dapat dicairkan kapanpun. Mereka juga bisa menikmati penawaran diskon hingga 75% untuk layanan GrabFood dan GrabBike.

“Penawaran bunga tabungan yang tinggi dari Superbank sebesar 6% per tahun diharapkan dapat membantu masyarakat. Hal ini sejalan dengan misi kami untuk memberikan dampak positif yang lebih luas secara berkelanjutan melalui inovasi teknologi dan pemberdayaan ekonomi. Kami optimistis kehadiran Superbank juga dapat turut mendorong inklusi keuangan di Indonesia,” kata Neneng Goenadi, Country Managing Director, Grab Indonesia.

Selain layanan tabungan dan transaksi, laiknya perbank lainnya Superbank juga memiliki produk pinjaman bernama Pinjaman Atur Sendiri (PAS). Pinjaman ini bisa diakses oleh pengguna Grab terpilih secara bertahap. PAS sendiri merupakan pinjaman digital tanpa agunan yang mudah diajukan dalam hitungan menit, dengan limit kredit dan tenor yang fleksibel serta informasi bunga dan biaya yang transparan bagi nasabah.

“Target market PAS memang merchant Grab agar mereka bisa lebih berkembang, ekspansif, dan perputaran usahanya bisa lebih cepat. Karena proses pinjaman ini same day settlement, begitu pinjaman diajukan langsung cair hari ini juga, sehingga bisa digunakan untuk beli bahan baku atau barang dagangan esok harinya,” jelas Tigor.

Saat ini pinjaman PAS yang bisa diajukan merchant Grab maksimal Rp 30 juta. Menurut Tigor PAS sebenarnya masih dalam tahap pilot testing. “Ini masih tahap awal, kita masuk ke segmen bottom of pyramid karena pinjaman Rp30 juta buat mereka sangat berharga,” lanjut Tigor.

Didukung oleh pemimpin industri di sektor teknologi, media, dan keuangan seperti Grab, Grup EMTEK, Singtel, dan KakaoBank, Superbank terus mengintegrasikan teknologi terdepan dan keahlian dalam layanan finansial dalam produk serta layanannya.

Sebelumnya, Superbank telah menghadirkan Celengan by Superbank, produk Tabungan inovatif pertama di Indonesia yang menawarkan nasabah untuk menabung harian dalam jumlah kecil secara otomatis dengan bunga tinggi 10% per tahun yang melengkapi produk tabungan utama dan Saku by Superbank.

“Superbank di Grab memberikan pengalaman perbankan yang lebih inklusif dan relevan bagi pengguna, memungkinkan mereka untuk mengelola keuangan dengan lebih baik dan memanfaatkan layanan finansial yang lebih mudah diakses,” tutup Tigor.

Superbank, sebelumnya dikenal sebagai PT Bank Fama International, merupakan bank dengan layanan digital di Indonesia. Berdiri di Bandung pada tahun 1993, Superbank memasuki era baru ketika menjadi bagian dari Emtek Group pada akhir 2021, diikuti oleh masuknya Grab dan Singtel pada awal 2022, dan KakaoBank pada tahun 2023 sebagai bagian dari konsorsium.

DISCLAIMER
FranchiseGlobal.com tidak bertanggungjawab atas segala bentuk transaksi yang terjalin antara pembaca, pengiklan, dan perusahaan yang tertuang dalam website ini. Kami sarankan untuk bertanya atau konsultasi kepada para ahli sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi. Tidak semua bisnis yang ditampilkan dalam FranchiseGlobal.com menerapkan konsep franchise semata, melainkan menggunakan konsep franchise, lisensi, dan kemitraan.

Member of:

Organization Member:

Media Partner:

Our Community: